Kamis, 29 April 2021 | 14:42
Tahun Ini, DLH Bina 100 Sekolah Siap Adiwiyata

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus berkomitmen dalam melakukan perlindungan, dan pengelolaan lingkungan hidup. Tahun ini, DLH tengah melakukan pembinaan kepada 100 sekolah yang siap mengikuti program Adiwiyata tahun ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tihar Sopian mengungkapkan sebagai tahap awal DLH menggelar Sosialisasi bertema ‘Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah Adiwiyata’. Sosialiasi kali ini, diikuti 100 sekolah calon adiwiyata, tim pembina, pengawas, dan tim penilai yang dilakukan secara online, Kamis (29/4/21).

“Program adiwiyata ini, merupakan upaya Pemkot dalam membangun sekolah yang mampu menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah. Sehingga kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab, dalam upaya-upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan,” ungkap Tihar, usai membuka meeting online.

Tihar mengungkapkan, sejak 2011 hingga saat ini, tercatat sudah 391 sekolah yang menyandang status Adiwiyata di Kota Tangerang. Terbagi 335 tingkat SD Negeri, 28 tingkat SMP Negeri dan 28 SD dan SMP Swasta. Dari 391 sekolah Adiwiyata, 167 sekolah diantaranya adalah Adiwiyata tingkat Provinsi Banten, 39 sekolah tingkat Nasional, dan 11 sekolah tingkat Adiwiyata Mandiri.

“Kami harap, jumlah ini akan terus meningkat dan bisa terus sama-sama berkomitmen. Terus melakukan aksi kolektif secara sadar, sukarela dan berkelanjutan. Mulai dari kebersihan sanitasi, drainase, pengelolaan sampah, penanaman atau pemeliharaan sampah hingga inovasi penerapan perilaku ramah lingkungan hidup,” paparnya.

Lanjutnya, Tihar berharap Adiwiyata bukan hanya menjadi ajang perlombaan, namun, lebih ke bagaimana warga sekolah bisa merubah mindset warga sekolah, dalam berprilaku berbudaya lingkungan hidup yang berkelanjutan.

“Sekolah yang sudah Adiwiyata harus mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya. Terlebih, bisa menjadi virus positif bagi sekolah-sekolah lainnya, lingkungan lainnya, sehingga Kota Tangerang kian bersih, asri, sejuk dan kian sukses menjadi Kota yang layak dikunjungi,” katanya.

Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang
Jl. Satria Sudirman No. 1 Gedung Pusat Pemerintahan Lt. IV Kota Tangerang 15111