Rabu, 12 Mei 2021 | 13:46
Antisipasi Penyebaran Covid-19, Masjid Raya Al Azhom Tiadakan Salat Idul Fitri
Antisipasi Penyebaran Covid-19, Masjid Raya Al Azhom Tiadakan Salat Idul Fitri

Lebaran tahun ini, masih dilanda pandemi covid-19. Kasus covid dengan klaster baru masih terus ada. Mengantisipasi hal tersebut, DKM Masjid Raya Al Azhom pun mengumumkan bahwa Masjid Raya Al Azhom tidak menggelar kegiatan Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah, yang jatuh pada Kamis (13/5/21).


Ketua Harian Masjid Raya Al Azhom, KH Chaerudin pun mengatakan hal ini sudah dipertimbangkan oleh berbagai pihak. Pertimbangannya, satu tentu saja perkembangan covid-19 yang belum menunjukkan tanda lebih baik.


"Pertimbangan ini diatas segalanya, untuk mencegah bahaya daripada mengejar manfaat, segala hal yang menimbulkan bencana. Dengan itu, menggelar Salat Id di rumah saja, sudah menjadi keputusan yang terbaik untuk semua pihak," ungkap KH Chaerudin, Rabu (12/5/21).


Ia pun menegaskan, untuk seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk tidak mudik, dan juga menggelar Salat Id di rumah masing-masing bersama keluarga. Bila tidak memungkinkan, maka bisa melaksanakan di masjid setempat, dengan menerapkan protokol kesehatan.


"Ini contoh bagi masjid-masjid raya yang lain, bahwa kita memprioritaskan warga yang salat Id di dekat rumahnya, di kampungnya, maka jangan bepergian jauh. Sama-sama kita kendalikan penyebaran virus covid-19 ini," kata Kh Chaerudin.


KH Chaerudin pun mengimbau, untuk seluruh masyarakat Kota Tangerang mengendalikan diri untuk tidak saling berkunjung ke rumah satu sama lain. Pasalnya, hal ini berpotensi tinggi untuk terjadinya penularan virus covid-19.


"Sabar, kita semua juga ingin melakukan tradisi lebaran seperti biasanya. Tapi kondisi saat ini belum memungkinkan. Kendalikan ego kita, untuk menjaga keluarga kita. Bersilaturahmi lah secara virtual, seperti zoom, videocall atau sekadar mengirim pesan singkat," himbaunya.

Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang
Jl. Satria Sudirman No. 1 Gedung Pusat Pemerintahan Lt. IV Kota Tangerang 15111