Rabu, 31 Mei 2023 | 14:20
Berpotensi Meningkat Pesat, Kepala LKPP Apresiasi Realisasi Belanja Pemkot via E-Katalog
Berpotensi Meningkat Pesat, Kepala LKPP Apresiasi Realisasi Belanja Pemkot via E-Katalog
Berpotensi Meningkat Pesat, Kepala LKPP Apresiasi Realisasi Belanja Pemkot via E-Katalog
Berpotensi Meningkat Pesat, Kepala LKPP Apresiasi Realisasi Belanja Pemkot via E-Katalog
Berpotensi Meningkat Pesat, Kepala LKPP Apresiasi Realisasi Belanja Pemkot via E-Katalog
Pemerintah Kota Tangerang (Pemkot) Tangerang menerima kunjungan kerja Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dalam rangka sosialisasi Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang Efektif, Efisien, dan Berdaya Saing Sehat Guna Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Pemkot Tangerang.
 
Rombongan yang dipimpin oleh Kepala LKPP, Hendrar Prihadi, diterima langsung oleh Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah di Ruang Rapat Akhlakul Karimah, Rabu, (31/05).
 
Dalam kunjungan tersebut, Kepala LKPP mengapresiasi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Pemkot Tangerang terutama realisasi belanja melalui E-katalog.
 
"Untuk realisasi belanja melalui katalog ini hampir ada peningkatan ya karena angka di tahun lalu adalah Rp 134, 96 M dan di tahun ini sudah 129,65 M dan ini masih bulan Mei. Artinya ini berpotensi untuk meningkat dan mudah-mudahan di akhir tahun ini nanti bisa meningkat pesat sampai dua kali lipat dari tahun lalu."
 
"Dan keberanian dalam menerapkan E-katalog ini patut diapresiasi, karena saya rasa ini merubah mindset teman-teman di PBJ yang biasanya memakai model-model tendering ke katalog," tutur Hendrar.
 
Hendrar pun menambakan, secara keseluruhan proses-proses pengadaan barang dan jasa yang telah dilakukan di Kota Tangerang pun sudah berjalan dengan baik, hanya kuantitasnya saja yang perlu ditingkatkan.
 
"Hampir semuanya sudah sesuai dengan ketentuan, mulai dari pemakaian produk dalam negeri, UMKM dilibatkan, penerapan sistem E-katalog. Jadi tinggal volumenya saja yang ditingkatkan agar dapat lebih masif lagi."
 
"Terutama untuk keterlibatan UMKM ya, di Kota Tangerang cukup banyak. Semakin banyak UMKM yang dilibatkan, pasti pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang ini akan semakin meningkat. Yakinlah," imbuh Kepala LKPP.
 
Bak gayung bersambut, wali kota Tangerang, turut menyampaikan apresiasi dan menyambut baik arahan, saran serta masukan yang disampaikan Kepala LKPP pada kunjungan kerja sekaligus sosialisasi tersebut.
 
"Kami atas nama Pemkot Tangerang, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kehadiran Kepala dan juga jajaran LKPP yang telah berkenan memberikan saran, masukan serta arahan yang berkaitan dengan proses pengadaan barang dan jasa di Lingkungan Kota Tangerang. Tentunya ini menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan E-katalog lokal yang tujuannya untuk mendorong perekonomian di daerah termasuk juga mempercepat proses pengadaan barang dan jasa," ujar Arief.
 
Lebih lanjut, Arief, juga berpesan kepada seluruh jajarannya terutama para pejabat pengadaan barang dan jasa, PPTK dan PPK agar senantiasa menjunjung tinggi profesionalitas dan integritas dalam menjalankan tugas-tugas pengadaan barang dan jasa.
 
Yang terpenting, tegas Arief, dalam mengelola dan menyediakan barang dan jasa adalah integritas, bagaimana berbagai kebutuhan pembangunan dapat didukung melalui pengadaan barang dan jasa yang akuntabel dan transparan. Dan tentunya semua kegiatan transaksi berkaitan dengan barang dan jasa harus dapat didokumentasikan dan dipertanggungjawabkan dengan baik.
 
"Mudah-mudahan dengan kita selalu tegak lurus dan berintegritas, maka pemerintahan yang baik dan akuntabel guna mewujudkan pembangunan serta pelayanan yang optimal kepada masyarakat, insya Allah dapat terlaksana dengan baik," pungkas wali kota.

Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang
Jl. Satria Sudirman No. 1 Gedung Pusat Pemerintahan Lt. IV Kota Tangerang 15111