Jumat, 3 Februari 2023 | 13:29
Ini Loh Manfaat Mengikuti Program Sambut NIB Pemkot Tangerang
Ini Loh Manfaat Mengikuti Program Sambut NIB Pemkot Tangerang
Ini Loh Manfaat Mengikuti Program Sambut NIB Pemkot Tangerang
Ini Loh Manfaat Mengikuti Program Sambut NIB Pemkot Tangerang

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) tengah menggelar program Perluasan Pembuatan (Sambut) NIB. Program tersebut berlangsung sepanjang Februari ini, secara gratis dibalut dengan agenda OSS Marathon ke-104 kelurahan, dimana jadwalnya dapat dipantau melalui akun instagram @perizinankotatangerang.

Kepala DPMPTSP, Kota Tangerang, Taufik Syahzaeni menjelaskan program Sambut NIB merupakan ajang mensosialisasikan lebih luas kepada masyarakat terutama pelaku usaha UMKM di Kota Tangerang, bahwa memiliki NIB itu penting. Pasalnya, NIB menjadi titik awal untuk mengurus izin yang lain, termasuk sertifikasi halal. Pelaku usaha yang mengantongi NIB, artinya usahanya sudah formal, karena teregister dalam databe dan lebih mudah mengembangkan usahanya.

Selain itu, kata Taufik manfaat memiliki NIB lainnya ialah pelaku usaha dapat memperoleh hak akses permodalan, hak akses pembinaan usaha bagi pemerintah daerah. Hak akses dalam pengurusan perizinan tambahan dan pendukung. Mendapatkan kepastian perlindungan usaha, dan memperoleh kesempatan mengikuti kegiatan pemberdayaan.

“Jika sudah terdata, para pelaku usaha akan lebih mudah mengembangkan usahanya. Salah satunya, karena pelaku UMKM itu bisa ikut pengadaan barang dan jasa pemerintah. Kalau mereka sudah punya NIB, bisa masuk ke e-katalog, sehingga bisa ikut andil dalam pelelangan dan lainnya,” jelas Taufik, Jumat (3/2/23).

Lanjutnya, untuk mengikuti program Sambut NIB di agenda OSS Marathon para pelaku usaha perlu menyiapkan KTP, NPWP, nomor telepon, dan alamat email aktif. Disamping itu, menyertai detail usahanya, seperti nama usaha, alamat usaha, kegiatan usahanya, modal usahanya dan lain-lainnya.

“Kami mengimbau, masyarakat Kota Tangerang khususnya pelaku usaha UMKM untuk tidak melewatkan kesempatan ini. Pantau jadwal pelaksanaan kapan di kelurahannya berlangsung, melalui sosial media kelurahan dan instagram @perizinankotatangerang. Manfaatkan kesempatannya, dan terus bersiap untuk fokus pengembangan usaha yang lebih luas lagi,” imbau Taufik.

Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang
Jl. Satria Sudirman No. 1 Gedung Pusat Pemerintahan Lt. IV Kota Tangerang 15111