Jumat, 3 Februari 2023 | 13:34
Ingat! Februari Bulan Vitamin A untuk Balita

Hi para bunda, ayah dan semuanya. Tahukah?, setiap Februari dan Agustus merupakan bulan pemberikan vitamin A untuk bayi dan balita. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam proses pembentukan sistem penglihatan yang baik dan sangat membantu menunjang kesehatan tubuh.

Dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengimbau para ayah bunda di Kota Tangerang untuk segera membawa para bayi dan balitanya ke Posyandu terdekat, untuk mendapat layanan vitamin A gratis. Layanan ini dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang sepanjang Februari ini, diseluruh posyandu di Kota Tangerang.

“Vitamin A ini diberikan kepada bayi enam sampai 11 bulan dengan vitamin A berkapsul biru. Sedangkan untuk balita 12-59 bulan yang diberikan ialah vitamin A berkapsul merah. Langkah ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati, menjaga kesehatan mata, serta meningkatkan daya tahan tubuh,” ungkap dr Dini, Jumat (3/2/23).

Ia pun menjelaskan, proses pemberian vitamin A, petugas posyandu atau orangtua diimbau untuk melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sebelum memberikan vitamin A. Potong ujung kapsul dengan gunting yang bersih dan kering, beri kapsul vitamin A sesuai umur balita dan pastikan isinya tidak tersisa. Setelah vitamin A dikonsumsi sang anak, jangan lupa untuk catat di buku KIA.

“Perlu diketahui, apabila sang anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi. Seperti infeksi saluran pernapasan atas, campak hingga diare,” jelasnya.

Dengan itu, kata dr Dini untuk mencegah anak kekurangan vitamin A, diimbau untuk memberikan makan makanan bergizi seimbang, terutama sumber vitamin A. Seperti hewani, dari ikan, daging ayam, telur, daging sapi dan hati. Sedangkan dari nabati, ialah dari sayuran hijau seperti bayam dan daun kelor. Bisa juga dari wortel dan buah seperti tomat dan pepaya.

“Ayo, segera datang ke posyandu sepanjang Februari ini, dapat vitamin A secara gratis. Tetap berikan gizi seimbang bagi keluarga dan pastikan selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat,” imbau dr Dini.

Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang
Jl. Satria Sudirman No. 1 Gedung Pusat Pemerintahan Lt. IV Kota Tangerang 15111